Kamis, 11 Juni 2015

Penggunaan Fungsi Logika pada Ms. Excel

 Fungsi logika pada Microsoft Excel.

Fungsi logika dalam Ms. Excel antaralain terdiri atas IF, OR, AND. Kali ini yang akan dibahas adalah tentang penggunaan fungsi logika IF dan gabungan  dari fungsi logika lainnya.
Rumus fungsi IF dinyatakan seperti berikut: 
=IF(logical_test;[value_if_true];[value_if_false]) 
logical test yaitu kondisi
value if true yaitu pernyataan jika benar
value if false yaitu pernyataan jika salah
Sebagai contoh penerapannya disini kita akan membahas persoalaan tentang data penyewaan rumah.
 Bagaimana mencari harga sewa per bulan, total harga, diskon, dan total pembayaran menggunakan fungsi logika IF? Dengan ketentuan soal sebagai berikut :
11. Untuk mencari harga sewa per bulan
jika jenis pembayaran = A (angsuran) , maka harga sewa per bulan = 1.15 x harga sewa normal
jika jenis pembayaran = T (tunai) , maka harga sewa per bulan = harga sewa normal
22. Untuk mencari Total Harga = lama sewa x Harga sewa per bulan
33. Untuk Mencari Diskon:
Jika Pembayaran dilakukan secara Tunai dan lama sewa di atas 1 tahun, maka mendapat diskon sebesar 15% dari Total Harga.
44. Untuk mencari total Pembayaran = lama sewa x Harga sewa per bulan – Diskon.

Mari kita bahas!
Untuk menentukan bagaimana rumus yang akan dipakai kita harus memperhatikan ketentuan soal dengan cermat.

  1. Untuk menentukan harga sewa per bulan menggunakan rumus:
=IF(F3=”A”;1.15*D3;D3)
 setelah klik ENTER lalu drag ke bawah, hasilnya seperti berikut
 

 2. Untuk mendapatkan total harga dapat menggunakan rumus sebagai berikut :
     =(E3*G3)

hasilnya seperti berikut

3. Untuk menentukan diskon seperti pada ketentuan soal gunakan rumus berikut : =IF(AND(F3="T";E3>12);15%*H3;0)

Hasilnya seperti berikut


4. Untuk menentukan total pembayaran dapat menggunakan rumus berikut : = (E3*G3-I3)

 Hasilnya sebagai berikut 




Demikian penerapan Fungsi logika IF yang dapat saya sampaikan.
Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar